Emacs Command line – (Lisp Oriented)

![](http://1.bp.blogspot.com/-eKl6-EdJx5E/TY9qnfG_uJI/AAAAAAAAAWA/ohIyQE790h4/ s1600/gnu-head-sm.jpg)

Emacs dibangun dengan bahasa Lisp dan bahasa C, dari sebuah sumber yang pernah dibaca dijelaskan bahwa program yang ditulis dengan bahasa Lisp maka otomatis bisa sebagai interpreter dari bahasa Lisp itu sendiri, begitu juga dengan Emacs, bisa digunakan sebagai interpreter bahasa Lisp, untuk hal ini bisa dicari sendiri referensinya karena saya sendiri tidak pernah membuat aplikasi dengan bahasa Lisp kecuali  sintaks Lisp pada macro yang digunaan pada Emacs.

Seperti halnya bahasa python atau perl, ketika kita menjalankan perl seperti ini $perl -e 'print "hello world"' maka akan tercetak tulisan hello world di layar, hal ini disebut dengan  interpreter atau penerjemah, dimana program perl akan melakukan parsing pada opsi yang diberikan kemudian mengeksekusinya. Namun bedanya perl atau python adalah program untuk menerjemahkan bahasa itu sendiri tanpa adanya editor, kalaupun ada tidak selengkap Emacs atau Vi .

Jika ingin mengeksekusi Lisp function dengan menggunakan emacs maka kita tidak harus menyertakan opsi –batch, jadi Lisp Oriented ini bisa juga disebut dengan Batch mode.

Opsi dasar untuk Lisp oriented :

![](http://1.bp.blogspot.com/-CDBONlUNL7g/TY9qnL6KdDI/AAAAAAAAAV8/QvpSlcqvvmc/ s320/emacs-snake.png)