Calculator – Emacs

![](http://2.bp.blogspot.com/-ncVKUpbf_I4/TY9z8hWaovI/AAAAAAAAAWM/y1LzMYSFS_k/ s200/emacs-calculator.png)

Fasilitas lain yang dimiliki oleh Emacs yang mungkin juga sangat berguna adalah calculator. Kalkulator terdiri dari 2 yaitu simple calculator dan_programmable calculator_. Dari namanya sudah sangat jelas arti dan fungsi fungsi yang terdapat pada kalkulator tersebut. Fitur ini tentu saja sangat membantu ketika melakukan pengeditan file atau hal lain yang berhubungan dengan angka.

Disini saya akan coba menjelaskan satu persatu tentang kedua fitur tersebut meski saya sendiri juga masih sangat jauh ilmunya tentang Emacs ini. Untuk lebih mengerti dan bertanya pada mereka yang benar-benar memahami luar dalam tentang Emacs disarankan bergabung di channel #emacs pada server_irc.freenode.net_.

Simple Calculator.

Simple calculator dapat dipanggil dengan mengklik pada Tools -> Simple Calculator, atau dengan M-x calculator. Akan muncul sebuah buffer kecil diatas minibuffer, disini kita bisa mengetikkan perintah matematika. Selain itu juga bisa menggunakan tanda kurung untuk mengelompokan sebuah operasi matematika.

![](http://1.bp.blogspot.com/-TYt- yK5yLKs/TY90ySR9y5I/AAAAAAAAAWo/8p7kuncGHX0/s1600/emacs-simple-cal.png)

Seperti yang terlihat pada gambar, kita bisa mengetikan operasi matematika atau ‘?’ untuk bantuan.

Programmable Calculator.

Kalkulator ini jauh lebih komplek bahkan dari kalkulator yang pernah saya temui secara fisik. Banyak sekali fungsi-fungsi matematika yang bisa dilakukan dengan kalkulator ini. Mulai dari fungsi aritmethicscientific, algebragraphic, bahkan vector. Fitur ini bisa dilihat di menu calc ketika makro ini telah dipanggil. Pemanggilan makro ini bisa dengan mengklik menu Tool -> Programmable Calculator, atau bisa juga dengan M-x calc atau dengan shorcut C-x * diikuti dengan satu karakter. Berikut karakter yang bisa diterima :

![](http://4.bp.blogspot.com/-KCy2BrHaghY/TY90yB33XLI/AAAAAAAAAWk/0oivs9-n_9I/ s320/emacs-calc-keypad.png)

Format Kalkulator Mode

Format kalkulator mode menggunakan sistem stack atau urutan kata, misalkan ketik angka 3 tekan Enter kemudian ketik angka 5 dan tekan Enter. Maka terdapat 2 angka yang ada pada stack, untuk melakukan operasi maka pencet pada keyboard + untuk melakukan operasi penambahan. Jika terdapat 3 angka di stack maka seperti dibawah ini
3 5 6
Berarti 3 adalah stack pertama 5 kedua dan 6 ketiga, operasi yang dilakukan terlebih dahulu adalah antara stack 5 terhadap 6, jadi ketika ditekan tombol – maka stack kedua akan menjadi -1 yaitu hasil dari 5 – 6.

Jika ingin langsung menggunakan sistim aljabar bisa dengan menekan tombol tanda petik tunggal (‘) kemudian diikuti dengan operasi matematika.