Emacs Command Line

![](http://3.bp.blogspot.com/-H0ynPXoLovY/TY9qm3hwvOI/AAAAAAAAAV4/rBG7Bq6iYCo/ s320/emacs–help.png)

Salah satu hal yang hampir selalu ada disetiap program *nix adalah_command line options_, begitu juga dengan Emacs juga memiliki hal ini.Command line options atau arguments ini adalah perintah yang kita masukkan ketika menjalankan program, perintah ini bisa untuk konfigurasi ataupun untuk untuk perintah pada program untuk melakukan sesuatu baik sebelum program akan ditampilkan ataupun sesaat setelah berjalan.

Disistem *nix option biasanya diawali dengan karater dash(-) baik single ataupun double, sedangkan program di Windows biasanya diawali denganslash(/) i like slash.

Untuk melihat apa saja perintah yang dimengerti oleh program bisa dengan mengetikan program dengan argument –help atau -h, misalkan: $emacs --help selain itu bisa juga dengan perintah manual ($man emacs) untuk mesin *nix, sedangkan untuk Windows penulis tidak tahu atau malah tidak ada.

Emacs Options

Berikut beberapa opsi dari emacs yang didapat dari output manual emacs, untuk mengeksekusi opsi ini maka harus diawali dengan nama program terlebih dahulu (dalam hal ini emacs)

[Standar Options](http://chars19.blogspot.com/2011/03/emacs-command-line-

standard-options.html)

[Lisp Oriented

](http://chars19.blogspot.com/2011/03/emacs-command-line-lisp-oriented.html)

Untuk Opsi di bawah ini adalah opsi_ lisp oriented_ atau berorientasi dengan bahasa Lisp (Emacs dibangun dengan bahasa Lisp dan C)

[Batch Mode](http://chars19.blogspot.com/2011/03/emacs-command-line-lisp-

oriented.html)

Sedangkan opsi dibawah ini digunakan ketika menjalankan Emacs sebagai batch editor. Emacs sebagai batch editor yaitu menjalankan Emacs seperti interpreter pada bahasa python, yang tentu saja bahasa yang digunakan bahasa Lisp.

[X window

](http://chars19.blogspot.com/2011/03/emacs-command-line-x-window.html)

Emacs opsi untuk konfigurasi X window, yaitu opsi Emacs untuk mengatur tampilan emacs sendiri mulai dari warna, title ataupun font yang akan digunakan oleh Emacs.