Gedit Programming Edition

![](http://2.bp.blogspot.com/_ypU0iaR- LmM/TDIkK6L2cnI/AAAAAAAAARM/u6GZi50HNls/s320/gedit-logo)
Gedit merupakan text editor produksi Gnome yang sangat powerfull (menurut penulis), sama sepert Kedit jika kita menggunakan desktop KDE, editor ini akan terinstall default jika kita menggunakan Linux dengan salah satu desktop diatas.

Pada tulisan ini saya akan coba memberikan sebuah trik untuk membuat Gedit lebih powerfull lagi dengan melakukan sedikit kostumisasi, meski sebenarnya Gedit telah datang dengan berbagai plugins namun tidak tersetting secara default. Kita akan coba untuk menambah atau mengaktifkan plugin2 yang akan membantu kita untuk menulis seperti programming, atau untuk hal lainnya. Misalkan saja fasilitas Time Stamp sehingga kita dengan gampang menandai tulisan kita, atau juga tool untuk mengcompile sebuah file jika kita sedang melakukan proses editing kode program.

  1. Menambahkan Line Number pada editor
    klik EditPreferences → aktifkan pilihan Display Line Numbers

  2. Menambahkan plugin default yang belum aktif
    klik EditPreferences → klik pada tab Plugins

Kemudian aktifkan pilihan2 berikut:

**
**Untuk hal ini kita bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan keperluan nanti, tapi External Tools harus diaktifkan karena kita akan buat sendiri plugin sesuai kebutuhan nanti. Hal ini akan membuat 2 menu baru pada menu Tools yaitu External Tools dan Manage External Tools yang dari namanya saya yakin semua tahu apa arti dan maksud dari menu tersebut.

Klik pada Manage External Tools kemudian klik pada tombol Add dan tentukan nama tool tersebut kemudian ketikan kode perintah pada text area di sebelah kiri dan juga tentukan shorcut untuk tool tersebut. Kode berikut merupakan sebuah tool untuk melakukan kompilasi kode C dengan menggunakan gcc.
Script untuk kompilasiC
Penjelasan:
$GEDIT_CURRENT_DOCUMENT_NAME merupakan nama file yang kita edit (standar dari Gedit, untuk default name yang lainnya silahkan lihat di note, atau tekan Help ), kemudian melakukan pengecekan ada atau tidak file tersebut, jika ada maka lakukan kompilasi dengan output $FileOutPut.

Dengan beberapa plugin diatas editing sebuah source akan sedikit memudahkan, dan membuat waktu pengerjaan jadi lebih efektif.

Tambahan :