Kirim Email GMAIL via Konsole/Terminal (ssmtp dan mail)

Salah satu menariknya Gnu/Linux (buat saya pribadi) adalah dekatnya jarak antara user dengan sistem itu sendiri. Salah satu jalan itu adalah dengan menggunakan konsole atau terminal. Saat ini berkirim pesan lewat email adalah suatu yang cukup populer, meski mulai ditinggalkan terutam menjamurnya jejaring sosial, tapi untuk komunikasi antar programmer terutama para geek email adalah sarana yang efektif.

Mail client saat ini sangat banyak dengan beragam fitur, namun ketika saya(mungkin juga anda) terbiasa menggunakan *nix system anda mau tak mau akan dan harus berhadapan dengan terminal atau konsole, maka kita membutuhkan sebuah program untuk bisa berkirim email dengan modus teks.
Salah satu aplikasi modus teks yang bisa digunakan untuk berkirim email adalah mail tapi agar bisa menggunakan fasilitas email dari google kita membutuhkan satu software tambahan lagi yaitu ssmtp. Aplikasi ini dibutuhkan untuk komunikasi dengan smtp server milik Google.

Langkah pertama adalah menginstall ssmtp dan mail.

Konfigurasi ssmtp

Ganti variabel diatas sesuai dengan variabel anda sendiri, agar lebih aman supaya password anda tidak bisa dilihat selain user root set permision filenya menjadi 0700

Coba lakukan test pengiriman email

Setelah mengetik pesan yang ingin dikirim, dan untuk mengakhirinya bisa dengan karakter TITIK dan tekan Enter, atau langsung tekan Ctrl+D di baris baru.

![](http://3.bp.blogspot.com/-G8ydCXb94z8/TYYL8TyRwEI/AAAAAAAAATU/-zKz6WMy7wo/ s320/ssmtp.png)

Email terkirim.
![](http://1.bp.blogspot.com/-Un6kz6ZOLAA/TYYL8noaerI/AAAAAAAAATc/_mQNztm6jvk/ s320/gmail.png)

Ref: