Layanan publik Bolt sangat mengecewakan

Saya adalah pelanggan Bolt sejak pertengahan tahun 2017, sejak saat itu saya hampir tidak pernah mengalami masalah dengan koneksi internet, kalaupun itu ada hanya karena saya telat melakukan pembayaran sehingga modem no service.

Pembayaran tagihan (13 Desember 2017)

Seperti biasa melakukan pembayaran tagihan saya sebesar Rp 149.000 lewat website Bolt menggunakan kartu kredit Jenius, dimana juga melibatkan Doku sebagai payment gateway, setelah semua transaksi saya lalui dan sukses, dari halaman website Jenius melakukan redirect ke halaman Bolt tapi ternyata transaksi dianggap gagal, saya sempat heran tapi tidak melakukan pengecekan lebih lanjut, kemudian melakukan pembayaran lagi melalui proses yang sama dengan sebelumnya, tapi tetap saya setelah semua sukses di halaman website Bolt, pembayaran saya tetap dianggap gagal.

Saya pikir ketika memasukkan kode saat pembayaran Jenius, saya salah, kemudian saya melihat history transaksi dari aplikasi Jenius, ternyata ada catatan kalau saya telah melakukan pembayaran tagihan Bolt 2 kali, tapi tetap tagihan saya dianggap belum dibayar oleh Bolt.

Lapor ke customer care (13 Desember 2017)

Kasus ini saya coba laporkan kepada pihak [Bolt] melalui email yang kemudian dijawab oleh bot bahwa report saya akan ditanggapi setelah 1-2 hari kerja, selain itu saya juga coba kontak mereka via twitter dan saya tetap harus menunggu.

Tak ada response (15 Desember 2017)

Karena tak ada respon sama sekali dari hasil laporan saya yang lewat email akhirnya saya mencoba menanyakan masalah saya dengan menelpon customer care Bolt dan kata mereka laporan saya telah diteruskan ke bagian payment dan akan kelanjutan masalah ini akan diinfokan kepada saya lewat device/modem yang saya pegang.

Selain itu, kasus saya tetap coba pantau lewat twitter resmi dari pihak Bolt tapi tetap saya jawabannya sangat tidak memuaskan.

https://twitter.com/BOLTCare/status/946642889978789888

History percakapan direct message via twitter dengan Jenius

20 Desember 2017

Melalui twitter saya diberitahu bahwa laporan saya sedang dalam penanganan pihak terkait dengan nomor laporan 1712150000013916

Kerugian yang dialami

Berikut ini adalah kerugian yang saya alami sejak kasus ini

Self note

Dengan gagal proses pembayaran ini saya benar-benar meragukan kapabilitas website Bolt dalam menangani pembayaran online khususnya menggunakan kartu kredit, sebagai seorang software engineer saya merasa ada bug dari aplikasi web khususnya bagian pembayaran ketika mendapatkan return dari pihak Jenius atau Doku (yang Bolt gunakan sebagai payment gateway) sehingga pembayaran saya yang sebenarnya sukses, tapi dianggap gagal.

Selain itu saya sudah melakukan kontak dengan pihak Jenius untuk menambahkan notifikasi ketika ada pembayaran yang sama dalam waktu yang berdekatan yang mudah-mudahan bisa mereka realisasikan.