localStorage dengan HTML5

![](http://2.bp.blogspot.com/-_xFwIsxjJ3U/TxL4PvepcSI/AAAAAAAAAqo/0tfgksmnZe8/ s1600/localStorage.PNG)

Salah satu fitur yang tersedia pada bahasa pemrograman **HTML **khususnya **HTML5 **adalah penyimpanan sementara pada browser, meski telah ada **cookies **namun salah satu perbedaannya adalah tidak semua browser mendukung localStorage, terutama browser versi lama, namun keuntungannya adalah localStorage tersedia sebagai object didalam Javascript sehingga ketika ingin mengaksesnya jadi lebih mudah. Selain itu mengakses **cookies **bisa dilakukan dari sisi server, sedangkan untuk **localStorage **jika ingin diakses lewat server bisa diakali dengan menggunakan method _GET _atau POST, dimana data yang ingin diberikan pada server dijadikan sebagai parameter pada method tersebut.

Beberapa browser yang mendukung penggunaan localStorage adalah Safari 4+, Mobile Safari (iPhone/iPad), Firefox 3.5+, Internet Explorer 8+ and Chrome 4+.

 Deteksi browser.

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui suatu browser mendukung **localStorage **atau tidak adalah dengan menggunakan keyword typeof. Jika hasil returnnya adalah **undefined **maka bisa dipastikan bahwa browser tersebut tidak mendukung untuk penyimpanan data pada sisi klien, sedangkan hasil kembaliannya adalah **object **maka browser tersebut mendukung untuk penyimpanan pada sisi klient.

if(typeof(localStorage) == 'undefined')  
     alert('Browser anda tidak mendukung localStorage.!');  
else  
     alert('Browser anda mendukung localStorage.');  

Penggunaan localStorage

Berikut ini saya buat sebuah kode untuk mendeteksi browser yang anda pakai apakah support localStorage atau tidak.