Mode Line (Emacs)

![](http://1.bp.blogspot.com/-n5yHVAqmYj8/TY9z82yNdjI/AAAAAAAAAWQ/Ni8ipLLmeRY/ s1600/emacs-modeline.png)

Mode Line dalam editor sekarang ini sering disebut dengan status bar, disini biasanya ditempatkan info tentang file yang sedang diedit, bisa dengan gambar/icon bisa juga dengan teks atau angka, Emacs sendiri menggunakan teks dan angka sebagai penanda di mode line ini.

Dalam Emacs info tentang file yang diberikan sangat kompleks, dari coding- system yang digunakan, status buffer (buffer didalam Emacs adalah file yang kita edit), nama file, ukuran file, posisi cursor, hingga mayor dan minor mode.Mayor mode secara bebas bisa diartikan sebagai status mode file yang kita buka, misalkan kita membuka file C source maka Emacs akan langsung mendeteksi kita menggunakan mode C (c-mode), sedangkan minor mode saya sendiri belum begitu memahami tapi mungkin bisa diartikan sebagai mode pendukung dari major mode. Misalkan mengaktifkan “yassnippet” untuk automatisasi completion code.Format mode line adalah seperti ini :

-CS:CH-FR    BUF    POS    LINE    (MAJOR MINOR)

``

`**

Misalkan mode line dari sebuah seperti ini

**--:-    thisIsC.c    Top    L4    (C/1  yas  Abbrev) —————-**Berarti nama buffer adalah “thisIsC” menggunakan coding-system standar, telah dilakukan pengeditan buffer, berada di posisi awal file tepatnya dibaris ke 4, dengan c-mode, abbreviations dan yas aktif sebagai minor mode.**

Contoh contoh lainnya, anda bisa mengartikan sendiri.

![undefined](http://i842.photobucket.com/albums/zz345/iamlinux/emacs-mode-line-rw.png) ![undefined](http://i842.photobucket.com/albums/zz345/iamlinux/emacs-mode- line-root.png) ![undefined](http://i842.photobucket.com/albums/zz345/iamlinux/emacs-mode- line-ro.png) ![undefined](http://i842.photobucket.com/albums/zz345/iamlinux/emacs-mode- line-r-dos.png)

Selain itu juga ada status di modeline untuk indikasi ukuran file/buffer yang sedang diedit, status battery, waktu, dan status inbox email yang kita punya. Bisa diaktifkan dengan mengklik (Options -> Show/Hide) pada menu bar Emacs.

M-x shell RET  –> berarti menekan tombol ALT/META dan x kemudian mengetik “shell” di minibuffer dan RET berarti penekanan Enter. C-x RET f –> melihat daftar coding system (_set-buffer-file-coding- system_) **C-x C-q** –> mengubah status buffer dari read-only menjadi read-write atau sebaliknya **M-x what-domain RET id RET**–> berarti melihat domain “id” terdaftar untuk negara mana. (Fitur Unik nih, sebelumnya saya selalu nanya Google untuk mencari suatu domain name). Sekali lagi, gunakan TAB untuk pelengkap kata yang ingin dicari. Jika ingin mencari perintah yang terdapat kata “system” ditengah makro bisa dengan mengetikkan “-system” kemudian menekan TAB.